iklan

Inilah 6 Jenis Pengobatan Ala Nabi Yang Di Anjurkan Ketika Sakit

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Semua perkara telah dijelaskan oleh Islam, termasuk masalah medis. Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam telah menunjukan kepada umatnya berbagai macam cara pengobatan. Ibnul Qayyim Radiyallah mengatakan,


"Tidaklah pengobatan nabawi sama dengan pengobatan tabib yang lain, karena pengobatan nabawi adalah sesuatu yang yakin dan pasti. ia bersumber dari wahyu Illahi. Adapun pengobatan yang lain hanyalah perkiraan, sangkaan dan percobaan belaka. Dan tidak diingkari pula oleh kebanyakan orang yang sakit akan manfaat pengobatan nabawi." (zadul Ma'ad:4/33)

1. Habbatussauda (Jintan Hitam)
Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui tentanng khasiat jintan hitam ini.
Sebagaimana sabda nabi Shalallahu Alaihi Wassalam:
"Bahwasannya dalam habbatussauda' terdapat obat untuk segala penyakit, kecuali kematian."
(HR. al-Bukhari: 5688)

2. Madu
Disini saya tidak bisa menjelaskan manfaat madu satu persatu karena memang sudah banyak terbukti bagaimana khasiat dari madu. Untuk lebih jelasnya silahkan baca isi dari QS. an-Nahl: 68-69

Artinya:
Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia." (16: 68)

Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (16: 69)

3. Kurma 'Ajwa'
Sebagaimana sabda Nabi Shalallahu Alaihi Wasalam:
"Barang siapa makan tujuh butir kurma 'ajwa' di pagi hari, maka racun dan sihir tidak akan membahayakannya"
(HR. al-Bukhari - 5445)

4. Susu Sapi
Sebagaimana sabda Nabi Shalallahu Alaihi Wasalam:
"berobatlah dengan susu sapi, sesungguhnya aku berharap supaya Allah Subhanahu Wata 'ala menjadikannya obat, karena sapi makan setiap dedaunan"
(HR. ath-Thabarani dalam al-Mu'jamul Kabir:9788, dihasankan oleh al-Albani dalam SHahih wa Dha'if al-jami':5240)

5. Bekam
Bekam adalah mengeluarkan darah kotor dari tubuh dengan menyayat silet atau sejenisnya pada titik tertentu di badan. bekam merupakan pengobatan yang sangat mujarab, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam bersabda :

"Sesungguhnya pengobtan yang paling baik bagi kalian adalah bekam"
(HR. Bukhari 5263)

bekam pada kepala menghilangkan sakit kepala dan kudis di kepala, bekam pada leher menghilangkan sakit limpa, asma,sesak nafas. Bekam pada bahu menghilangkan sakit bahu dan tenggorokan. Bekam juga menghilangkan sihir

6. Ruqyah
Dan di antara metode pengobatan nabawi pula ialah dengan Ruqyah.
Ruqyah artinya bacaan. Maksudnya ialah membaca ayat-ayat al-Qur'an atau Dzikir- Dzikir yang telah diajarkan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam ddengan mengharapkan kesembuhan hanya dari Allah Subhanahu Wata'ala untuk orang sakit. Dan sungguh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam pernah di ruqyah. dan Beliau pernah meruqyah dirinya sendiri, dan pernah meruqyah orang lain.

Dari Jabir radliyallaahu ‘anhu ia berkata : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam memberikan rukhshah kepada keluarga Hazm dalam meruqyah (gigitan) ular. Maka beliau bersabda kepada Asmaa’ binti ‘Umais : “Mengapa saya melihat badan anak-anak keturunan keturunan anak-anak saudara saya kurus-kurus ? Apakah karena kemiskinan ?”. Asma menjawab : “Tidak, akan tetapi Al-‘Ain cepat menimpa mereka”. Kemudian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam berkata : “Ruqyahlah mereka” [HR. Muslim no. 2198].

Demikianlah 6 Pengobatan Ala Nabi yang bisa diterapkan ketika kita sedang sakit. Bagaimanapun juga Allah lah yang akan menyembuhkan penyakit kita. Sedangkan kita hanya bisa berikhtiar agar segera penyakit pada diri kita hilang. Wallahu A'lam

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Inilah 6 Jenis Pengobatan Ala Nabi Yang Di Anjurkan Ketika Sakit"

Posting Komentar