iklan

Bisakah Membuktikan Seseorang Keturunan Nabi Muhammad- Beginilah Cara Pembuktiannya

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Bismillahirahmannirahim, Assalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Nabi Muhammad Shalallahu allaihi wasalam hidup sekitar 1600an tahun yang lalu, mungkin sudah lebih dari belasan bahkan mungkin puluhan generasi dari jaman Rasulullah hingga saat ini. Dan sudah barang tentu selisih waktu yang terpaut begitu  jauh akan sulit bagi orang untuk mengetahui semua keturunan rasulullah yang masih hidup hingga sekarang. Apalahi semua keturunan Rasulullah mungkin sudah menyebar hingga ke penjuru dunia.




Dengan kondisi seperti itu, mungkinkah bagi kita untuk mengetahui siapa - siapa yang merupakan keturunan beliau? atau jika ada seseorang, sebut saja si fulan yang mengaku bahwa dia adalah keturunan Rasulullah  maka perlu  dibuktikan kebenarannya karena siapapun bisa saja mengaku bahwa dia adalah keturunan RAsulullah.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita bahas dalam artikel ini (Mohon Baca Sampai Selesai!). Sebenarnya ada 2 metode yang dapat digunakan untuk mengetahui/ membuktikan bahwa seseorang adalah keturunan Rasulullah, Yaitu dengan Metode Silsilah dan Metode DNA.

1. SILSILAH
Metode silsilah sebenarnya sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu untuk mengetahui garis keturunan seseorang. Biasanya mereka menggunakan nama belakang dari nama orangtua mereka bisa nama ayah maupun nama ibu sebagai imbuhan nama mereka.Atau mereka menghafal nama - nama ayah - kakek - kakek buyut dari generasi sebelumnya. Semakin bertambah generasinya maka nama yang harus dihafal akan semakin banyak.


Namun cara ini bisa bilang memiliki kelemahan, karena mungkin tidak semua keturunan Rasulullah menghafal nama- nama orang tua pendahulu mereka. Sehingga sulit untuk dibuktikan ke orang - orang tentang garis keturunannya, atau mungkin ada yang hingga kini masih menjaga silsilah mereka menghafal lalu mengajarkan keturunannya. Namun,apa semua keturunannya menghafalkannya dan apa bisa ini membuat masyarakat umum percaya?

Jadi dengan cara ini kita bisa saja membuktikan seseorang adalah keturunan Rasulullah namun masih terdapat kelemahan karena mungkin semua keturunan Rasulullah tidak melakukan hal yang sama.

2. DNA
Namun ada cara yang lebih efektif bahkan bisa dibilang cara yang paling akurat untuk mengetahui apakah seseorang adalah satu garis keturunan, yang masih dilakukan hingga sekarang yaitu dengan cara tes DNA yang ditemukan pada tahun 1950.

Apa itu DNA? DNA merupakan singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid (Asam Deoxyribosa Nukleat) ini merupakan materi genetik yang menyimpan seluruh informasi tentang diri seseorang (termasuk makhluk bersel lainnya, hewan dan tumbuhan) dari ujung kaki hingga ujung rambut, bahkan riwayat penyakit yang pernah diderita orang tua atau keturunan sebelum kita bisa di deteksi melalui DNA ini.

Atau sederhananya ini merupakan Blue Print / Cetakan biru  tentang makhluk bersel yang memuat seluruh informasi diri makhluk tersebut, Jadi ini seperti sebuah chip Alami Super Kecil Ciptaan Allah Subhanahu Wata'ala yang benar - benar luar biasa karena menyimpan informasi secara lengkap tentang identitas makhluk tersebut.

Seberapa kecil DNA itu? mari kita bayangkan. DNA letaknya didalam inti Sel dalam tubuh jadi bagian tubuh yang tidak tidak memiliki inti sel tidak terdapat DNA didalamnya seperti sel darah merah / eritrosit, ia tidak memiliki inti sel didalam selnya.

Dalam setetes darah sebesar jarum pentul ada terdapat sekitar 6 juta sel, dari 6 juta sel kita ambil 1 sel darah putih (karena ia memiliki inti sel), di dalam inti sel ada terdapat 23 pasang kromosom, nah pada setiap kromosom inilah terdapat DNA yang memiliki bentuk spiral, seperti sebuah tangga yang dipelintir, DNA ini tersusun atas senyawa basa dan Gula fosfat.

Jika DNA diibaratkan sebuah tangga, pegangan pada tangga ini merupakan kumpulan senyawa fosfat (gula pentosa/5 karbon + 1basa Nitrogen) sedangkan pijakan pada tangga ini tersusun oleh 4 Senyawa Basa yaitu Adenin (A), guanine (G), thymine (T), atau cytosine (C), keempat senyawa basa ini  saling berikatan sehingga membentuk sebuah pola. Nah dari pola - pola inilah DNA seseorang bisa dijadikan sebagai "alat" untuk mengetahui informasi tentang diri seseorang.

Mencari tahu seseorang satu garis keturunan atau tidak bisa dilihat dari susunan ke empat senyawa basa itu tadi, bahkan penyakit keturunan bisa di lihat dari susunan DNA ini.

Mengapa bisa demikian? Mari kita bahas satu persatu, seperti kita tahu DNA terdapat pada kromosom, kromosom manusia terdiri dari 23 pasang(total 46 buah), 22 pasang jenis Autosom dan 1 Pasang jenis Gonosom (penentu jenis kelamin).

kromosom memiliki bentuk seperti huruf X dan huruf Y dan saling berpasangan, maka dari itu Kromosom disebut juga Kromosom X dan Kromosom Y.


sekarang kita fokus pada 1 pasang kromosom jenis Gonosom, kita abaikan yang autosom. Gonosom inilah  yang membentuk jenis kelamin seseorang. jika kromosom jenis X bertemu denga jenis X menjadi XX maka jenis kelaminnya adalah perempuan, sedangkan kalau X bertemu dengan Y menjadi XY maka jenis kelaminnya adalah Laki - laki. perlu diketahui semua kromosom perempuan dari Gonosom dan Autosom adalah X jadi hanya laki - laki yang memiliki kromosom jenis Y yang terdapat pada Gonosom.

Dan disinilah letak keunikan laki - laki karena hanya laki - laki yang memiliki kromosom jenis Y, lalu dari mana laki - laki mendapatkan kromosm ini? pada saat proses pembuahan ada proses penggabungan 1 buah sel sperma dengan sel telur, pada saat menyatu dari 23 pasang kromosom milik laki laki akan menyatu dengan 23 pasang kromosom milik wanita, dan ketika bergabung hanya tersisa 23 pasang saja sisanya akan mati, jika kurang atau lebih bisa jadi gagal dalam proses pembuahan ataupun kalau berhasil  maka akan terjadi cacat pada calon anaknya (Naudzubillah mindzalik) karena manusia umumnya hanya memiliki 23 pasang kromosom saja.

Pada saat proses penggabungan pada kromosom jenis Gonosom Laki - laki (X dan Y) dan gonosom wanita (X dan X) maka akan terjadi eliminasi dari ke empat kromosom tadi, Jika tersisa X dan X maka calon janinnya adalah perempuan jika tersisa X dan Y maka calon janinnya adalah Laki - laki. Jadi kromosom jenis Y yang terdapat pada laki - laki adalah hasil warisan dari bapaknya melalui selsperma pada proses pembuahan.

DNA disebut juga sebagai Blue Print  / Cetakan biru yang merupakan konsep / kerangka dasar dari sebuah sistem (dalam hal ini objek manusia). DNA berisi perintah - perintah yang akan bekerja secara otomatis sesuai dengan perannya masing masing. Dan Ketika kromosm laki - laki dan perempuan sudah menyatu menjadi sebuah sel, maka para DNA yang terdapat pada kromosom ini akan bekerja sesuai dengan perannya masing - masing. Dan menajdikan asupan nutrisi dari tubuh si ibu sebagai bahan dasar pembentukan sistem yang nantinya akan menjadi sebuah janin.


Anggap saja DNA ini sebagai sebuah Konsep rumah/bangunan dalam selembar kertas, yang kemudian di realisasikan, dan menjadikan Nutrisi sebagai bahan bangunan seperti halnya batu bata, kayu, besi dll, yang dibutuhkan dalam proses pembangunannya. sedangkan senyawa pada DNA (Adenin,guanine,thymine,cytosine) sebagai pekerja yang akan mengumpulkan dan membuat bangunan.

 dan "bangunan" ini akan tumbuh dan berkembang dari sebuah sel tunggal yang kemudian membelah dan semakin banyak hingga "bangunan" tersebut membentuk sebuah janin kemudian lahir sabagai bayi terus tumbah hingga dewasa bahkan tua maka DNA - DNA dalam tubuh akan terus bekerja sesuai perintahnya secara otomatis hingga kematian datang menjemput. Subhanallah betapa besar kuasa Allah ini.

Seperti yang sudah kita bahas tadi laki - laki mewarisi kromosom jenis Y dari bapaknya, maka secara otomatis susunan DNA laki - laki tersebut akan sama dengan susunan DNA milik bapaknya, begitu juga DNA Bapaknya yangg di turunkan dari sang kakek maka susunan ketiga laki -laki tersebut adalah sama begitu seterusnya selama mereka memiliki anak laki - laki dari tiap generasi mereka karena hanya laki -laki yang memiliki kromosom jenis Y, meski mereka terpaut generasi yang jauh, selama mereka memiliki keturunan laki - laki maka DNA mereka akan sama.

Lalu bagaimana jika dari salah satu generasi ternyata tidak memiliki anak laki - laki? 
Maka kromosom jenis Y akan terhenti dari generasi terakhir Bapak yang tidak memiliki anak Laki - laki. Dan untuk menentukan DNA anak perempuan(semua kromosomya adalah X) tetap bisa di lakukan asalakan generasi yang terkait tidak terpaut terlalu jauh, karena ada begitu banyak kromosom jenis X sehingga akan sulit mencocokkan DNA anak perempuan dengan garis keturunan mereka jika generasinya terpaut cukup jauh. karena mungkin kromosom jenis X yang dimiliki anak perempuan tersebut diturunkan dari bapaknya (laki - laki juga memiliki kromosom x) sehingga ketika dicocokkan dengan kromosom ibunya ternyata tidak cocok karena sudah bercampur dengan kromosom ayahnya

Setelah paham tentang DNA tadi yanag menjadi Pertanyaannya, apakah garis keturunan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasalam  masih bisa di ketahui sedangkan beliau sudah wafat ribuan tahun yang lalu? Mari kita bahas lagi untuk mencari jawabannya

Kita ingat kembali bahwa DNA terdapat pada kromosom dan kromosom terdapat pada inti sel tubuh, jadi semua anggota tubuh manusia yang memiliki inti sel disitu akan terdapat DNA di dalamnya. jadi dari ujung kuku kaki sampai ujung rambut itu memiliki DNA kecuali sel darah merah. sehingga bisa dijadikan sample. bahkan air liur pun bisa dijadikan sample.

Jadi untuk mencocokkan DNA Rasulullah dengan keturunannya bisa menggunakan DNA pada bagian tubuh rasulullah yang masih ada hingga sekarang dengan DNA keturunan Rasulullah.

Lalu adakah bagian / anggota tubuh Nabi Muhammad shalallahu Alaihi Wasalam yang masih ada hingga sekarang?
jawabannya ADA, ada 4 bagian tubuh Rasulullah yang masih tersimpan rapi di Museum Topkapi di Ibukota Istanbul, Turki yaitu Jenggot Rasulullah yang dikumpulkan tukang cukur/ orang - orang pada masa itu karena menganggap bagian dari tubuh rasulullah adalah berkah, masya allah.


Yang kedua adalah Gigi rasulullah yang lepas ketika perang Uhud teradi, sekaligus menjadi saksi betapa dahsyatnya perang Uhud pada waktu itu. Awalnya umat muslim mengalami kemenangan namun perintah Rasulullah tidak didengarkan oleh tentaranya sehingga mengalami kekalahan hingga gigi Rasulullah lepas 4 buah giginya namun hanya ditemukan 2 buah saja. Subhanallah betapa besar perjuangan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasalam pada waktu itu.


Yang ketiga adalah Helai rambut rasulullah yang dikumpulkan oleh para sahabat untuk disimpan pada waktu itu. dan yang terakhir adalah Jejak kaki Rasulullah yang tersimpan di museum Topkapi Turki, namun untuk jejak Rasulullah sulit untuk di jadikan sample DNA karena itu hanya sebongkah tanah yang terdapat bekas jejak kaki Rasulullah.

Setelah kita bahas semua, sudah dapatkan sample DNA Rasulullah dan juga DNA keturunan RAsulullah. Jadi tes DNA bisa lakukan bukan? benar sekali tes DNA bisa dilakukan, namun ketika hasilnya keluar kemungkinan besar hasil DNA nya TIDAK COCOK alias TIDAK SAMA. Kenapa demikian??

Inilah alasannya, Kita sudah bahas soal DNA. Memang benar kromosom jenis Y hanya dimiliki oleh laki - laki, dan kromosom jenis Y ini akan diturunkan ke generasi berikutnya secara turun temurun ASALKAN dari setiap generasi memiliki anak laki -laki sehingga kromosom jenis Y bisa dipertahankan.

Yang menjadi pertanyaan, Apakah Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam memiliki keturunan laki -laki? beliau mempunyai 7 anak, 4 Anak perempuan dan 3 anak laki - laki. Namun ketika usia masih kecil anak laki - laki Nabi yaitu Abdullah,Ibrahim, dan Qasim meninggal dunia. sehingga tinggal anak perempuannya saja yang masih hidup yaitu Fatimah, Ruqiah, Ummi Qultsum, Zainab bahkan hingga menikah dan memiliki keturunan.

Karena kesemua anak laki - laki Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam telah meninggal dunia sehingga DNA dari Kromosom jenis Y berhenti di Rasulullah, tidak diturunkan ke anak - anak perempuannya. Beliau hanya mewarisi kromosom jenis X kepada putri - putrinya, sedangkan sulit untuk mendeteksi kromosom jenis X yang diturunkan dari Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam karena sudah bercampur dengan Kromosom milik Istri Rasulullah. Ditambah lagi jika generasi tersebut terpaut cukup jauh.

Bukannya Rasulullah punya cucu laki - laki? Benar sekali, namun DNA krmomosom Y nya bukan dari Rasulullah melainkan milik menantu Rasulullah, karena Menantu Rasulullah tidak ada hubungan darah maka DNA Kromosom Y nya berbeda dengan Rasulullah. sehingga cucu Laki -laki Rasulullah mewarisi Kromosom Y dari Bapaknya / menantu Rasulullah

Seandainya ingin dibuktikan bahwa seseorang adalah keturunan Rasulullah atau bukan maka sample / contoh DNA yang di ambil bukan DNA Rasulullah melainkan DNA dari cucunya Rasulullah. Maka ketika di tes hasilnya akan sama atau cocok antara orang - orang yang merupakan keturunan - keturunan Cucu laki - laki rasulullah dengan dengan cucu laki - laki rasulullah.

Namun apakah dari Generasi cucu Rasulullah Hingga generasi yang sekarang mereka selalu memiliki anak laki - laki agar dapat mewarisi kromosom Y tersebut?? Silahkan di telusuri, kemungkinan akan sulit untuk menemukan karena generasinya sudah cukup jauh dan keturunan Rasulullah telah menyebar keseluruh dunia. Walahu A'lam Bishahab.

Tapi menurut penulis sendiri tidak perlulah kita sebagai umat Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam memperdebatkan siapa - siapa yang merupakan keturunan beliau, yang terpenting adalah ilmu yang disampaikan dari Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam bisa sampai ke kita semua dan bisa diamalkan sesuai syariat islam Ahlusunnah Wal Jama'ah. Islam yang mengamlkan Al Qur'an dan Hadits juga Menghidupkan Sunnah - sunnah Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam.

jika ada kesalahan dalam penulisan ini penulis mohon maaf, dan silahkan dikoreksi di kolom komentar untuk diperbaiki. Terimakasih, Wasallamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

3 Responses to "Bisakah Membuktikan Seseorang Keturunan Nabi Muhammad- Beginilah Cara Pembuktiannya"

  1. “Semua bani Untsa mempunyai ikatan keturunan ke ayahnya, kecuali anak-anak Fathimah, maka kepadakulah bersambung ikatan keturunan mereka dan akulah ayah-ayah mereka.” (HR. At Tobroni)

    BalasHapus
  2. MENGAPA TIDAK DIABADIKAN ISTILAH KETURUNAN MUHAMMAD DI DALAM AL QURAN (QS. 19:58)?

    YA INI ADALAH MUKJIZAT KARENA ALLAH SWT AKAN MENJAGA KEMULIAN DAN KESUCIAN KETURUNANYA AGAR TIDAK TERJADI SEPERTI KETURUNAN NABI NUH AS (QS. 11:42-46)

    Simak hasil penelitian di bawah ini:

    Bukannya Rasulullah punya cucu laki - laki?

    Benar sekali, namun DNA krmomosom Y nya bukan dari Rasulullah melainkan milik menantu Rasulullah, karena Menantu Rasulullah tidak ada hubungan darah maka DNA Kromosom Y nya berbeda dengan Rasulullah. sehingga cucu Laki -laki Rasulullah mewarisi Kromosom Y dari Bapaknya / menantu Rasulullah

    Seandainya ingin dibuktikan bahwa seseorang adalah keturunan Rasulullah atau bukan maka sample / contoh DNA yang di ambil bukan DNA Rasulullah melainkan DNA dari cucunya Rasulullah. Maka ketika di tes hasilnya akan sama atau cocok antara orang - orang yang merupakan keturunan - keturunan Cucu laki - laki rasulullah dengan dengan cucu laki - laki rasulullah.

    https://bacadanbagikanilmu.blogspot.com/2016/12/bisakah-membuktikan-seseorang-keturunan.html

    JIKA ADA PEWARIS KETURUNAN MUHAMMAD MAKA TIDAK AKAN ADA PARA PEWARIS YANG SANGGUP MENJAGA KEMULIAAN DAN KESUCIAN KETURUNANNYA!

    Adakah mereka yang NGAKU-NGAKU KETURUNAN NABI itu sanggup menjaga amanah dan memuliakan Nabi Muhammad SAW?

    Jika Anda masih ada pewaris ahlul bait, maka anda bisa minta bimbing dengan tokoh yang satu ini:

    "CUCU NABI MUHAMMAD 'MURTAD !-THE GRANDSON OF THE PROPHET MUHAMMAD APOSTATIZED !!

    https://www.youtube.com/watch?v=vTBWNDn9Lo8&t=451s

    BalasHapus
  3. Inilah alasannya, Kita sudah bahas soal DNA. Memang benar kromosom jenis Y hanya dimiliki oleh laki - laki, dan kromosom jenis Y ini akan diturunkan ke generasi berikutnya secara turun temurun ASALKAN dari setiap generasi memiliki anak laki -laki sehingga kromosom jenis Y bisa dipertahankan.

    Gw jelasin dikit yah:
    Abdullah ayah dari Nabi Muhammad SAW dan Abu Thalib ayah dari Ali RA adalah saudara kandung.

    Jadi kalau sesuai science, DNA kromosom Y nya Husein dan Hasan masih setipe dengan Nabi Muhammad SAW karena masih ada Ali bin Avu Thalib yg juga setipe kromosom Y nya dengan Nabi Muhammad SAW

    BalasHapus