iklan

Selain Emas Logam ini Cocok Untuk Investasi Anda

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280


Saat ada yang mengatakan Logam Mulia umumnya pikiran kita akan tertuju pada Emas, yang memang sudah menjadi primadona sejak jaman dulu. Kilauan warnanya mampu membuat orang terpesona dan ingin memiliki. Namun karena harganya yang terbilang mahal, tidak semua orang bisa memilikinya.

Selain untuk perhiasan emas juga dimiliki sebagai Investasi / tabungan. Karena sifatnya yang kebal terhadap inflasi bahkan cenderung melawan inflasi, maka tidak jarang orang lebih memilih Logam Mulia yang satu ini. Dan biasanya emas digunakan sebagai investasi jangka panjang, jadi dimilik untuk beberapa tahun kemudian menjualnya kembali dan biasanya dengan harga yang lebih tinggi, karena dari tahun ke tahun harga emas selalu naik.

Namun tahukah anda bahwa ternyata ada Logam Mulia lain yang harganya tidak kalah mahal dengan emas? Selain Emas yang tergolong logam mulia adalah Platinum, Rodhium, Palladium, Alumunium, dll. Namun kali ini kita akan membahas Logam Platinum / Platina yang sering ditempa untuk dijadikan perhiasan dan juga sebagai alternatif investasi layaknya emas.

Platinum ditemukan pertama kali di Amerika selatan pada tahun 1735 Oleh Antonio De Ulloa. Nama Platinum di ambil dari bahasa Spanyol "Platina" yang memiliki arti "Little silver". Platinum memiliki tekstur lebih padat dari Emas namun lebih mudah ditempa ketimbang emas. Dan termasuk logam yang langka untuk menghasilkan 1 Ons platinum murni dibutuhkan 2-10 ton bijih besi.

Untuk penggunaan sehari - hari hampir 50 % platinum dibuat sebagai perhiasan karena warna yang mengkilat. dan 20% untuk kepentingan industri. Afrika Selatan merupakan negara penghasil Platinum terbesar di dunia hampir tiga perempat platinum yang beredar dipasok
 oleh negara ini, di susul Rusia dan Amerika.

Kenapa Platinum Lebih baik daripada Emas?

1. Walaupun Emas dan Platinum sama sama tidak mudah teroksidasi, atom platinum bersifat lebih kalalytic dibanding atom emas. Sebuah lapisan emas, jika tergores (tergores disini dalam arti mikro, bukan goresan yang kasat mata), atom-atom emas ini akan benar-benar hilang, meninggalkan daerah kosong yang tidak ditempati oleh atom emas. Goresan mikro pada emas putih, jika dibiarkan kelamaan, akan menimbulkan efek kuning kumal yang kasat mata. Beda halnya dengan platinum. Jika sebuah lapisan platinum tergores (secara micro), atom-atom nya tidaklah benar benar hilang, namun cuma bergeser tempat. Artinya, atom platinum masih ada.

Inilah alasan, setelah beberapa lama, sebuah perhiasan emas perlu disepuh kembali agar tetap kelihatan mengkilat seperti baru. Untuk menyepuh emas, diperlukan logam tambahan, sesuai dengan jenis emas apa yang anda miliki. Dalam proses penyepuhan ini (dalam kimia disebut elektroplating), kita benar-benar menambahkan atom baru ke emas tersebut.

Biasanya, emas putih akan disepuh dengan nikel atau rhodium. Berbeda dengan platinum yang tidak perlu disepuh. Perhiasan platinum yang terlihat tidak kinclong lagi, cukup dibawa ke toko/ahli perhiasan. Disana, si ahli perhiasan cuma akan mem-polish/burnish  platinum anda, tanpa menambahkan bahan lain ke perhiasan platinum anda. Karena sifat inilah, platinum menjadi lebih favorit dibanding emas. Perhiasan emas memang lebih murah, namun biaya pemeliharaannya akan jauh lebih besar dibanding perhiasan platinum. Jadi, jika uang anda berlebih, memang lebih baik membeli perhiasan platinum.

2. Platinum memiliki sifat mekanik, fisik dan elektrik yang sangat menarik. Dibanding emas, Platinum lebih keras namun juga lebih mudah untuk ditempa. a). Platinum dapat ditempa seperti layaknya aluminum foil, namun lebih tipis dengan ketebalan hanya 100 atom platinum. b). Titik leleh platinum, 1768,3 OC, jauh lebih tinggi dibanding emas, hampir dua kalinya. Ini yang membuat platinum merupakan bahan favorit di laboratorium untuk studi temperatur dan tekanan tinggi. Berbeda dengan emas, Platinum pada suhu tinggi bersifat stabil. c). Campuran platinum dan cobalt akan menghasilkan salah satu magnet terkuat yang kita kenal.

3. Di bidang surface-science, untuk mengamati singe atom, lebih sering digunakan jarum yang terbuat dari platinum. Akan lebih mudah membuat jarum platinum yang diujungnya cuma ada satu atom dibanding menggunakan jarum jenis lain. Dengan ini, resolusi data anda akan jauh lebih tinggi. Sayangnya, jarum platinum sangat lah mahal.

4. Platinum bersifat hypoallergic. Platinum merupakan satu-satunya logam yang cocok sebagai elektroda untuk alat pemicu jantung (heart pacemakers). Selain itu, banyak dalam kasus patah tulang, tulang disambung menggunakan platinum

5. Coba lihat hard disk anda, platinum banyak digunakan dalam pembuatan hard disk saat ini, karena hard disk akan lebih tahan lama.

6. Platinum merupakan bahan non-organik yang dapat digunakan untuk terapi kanker. Cisplatin atau  cisplatinum  (cis-diamminedichloridoplatinum(II), CDDP) merupakan kemoterapi yang berbasiskan platinum. Biasanya, Cisplatin digunakan dalam terapi kanker seperti , sarcoma, carcinoma (misalnya, kanker paru-paru dan kanker ovarium), lymphoma dan sel tumor.

Jadi karena beberapa sifat-sifat inilah, platinum menjadi logam favorit, terlebih dahulu di laboratorium untuk kepentingan riset dan teknologi dan baru kemudian dilirik menjadi salah satu logam favorit dalam pembuatan perhiasan. Tidak menutup kemungkinan nantinya, para ahli perhiasan akan melirik logam lain di golongan platinum group metals (PGMs) untuk membuat perhiasan yang lebih cantik dan menawan.

Harga Platinum
Seperti halnya harga Emas, harga Platinum selalu berubah - ubah tegantung pasar. Namun harga platinum biasanya lebih murah ketimbang emas. Selisih harga biasanya 100ribu dibawah emas, meski begitu Platinum bisa dijadikan alternative untuk investasi. di saat ekonomi sedang tidak stabil Logam Mulia lah incestasi yang paling cocok untuk menyelamatkan uan anda.
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

1 Response to "Selain Emas Logam ini Cocok Untuk Investasi Anda"